Peringati Hari Jadi ke-117, Wali Kota Blitar Buka Event Blitar Menari

    Peringati Hari Jadi ke-117, Wali Kota Blitar Buka Event Blitar Menari
    Pembukaan Event Blitar Menari 2023 di Museum PETA (Foto: Martono)

    BLITAR - Wali Kota Blitar H. Santoso secara resmi membuka Event Blitar Menari 2023 yang diselenggarakan di Monumen PETA Kota Blitar, Kamis (27/04/2023). Acara Blitar Menari 2023 itu digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-117 Kota Blitar dan Hari Tari Sedunia.

    Blitar Menari 2023 ini bekerja sama dengan seniman khususnya Paguyuban Kelompok Jaranan (Pakoja) yang ada di Kota Blitar. Acara ini juga dalam rangka memecahkan Rekor Muri pagelaran tari jenis barongan secara bergilir oleh grup terbanyak.

    Dalam sambutannya, Wali Kota Santoso menyampaikan, event kali ini merupakan kegiatan untuk pertama kalinya. “Hal itu sebagai bentuk Pemkot Blitar mewujudkan salah satu konsep Trisakti yang disampaikan Bung Karno bahwa Indonesia berkepribadian secara sosial budaya, ” jelas Santoso.

    Menurutnya, dalam event ini bagaimana menghargai dan memberikan ruang gerak kepada para seniman dan budayawan di Kota Blitar, sehingga mereka mampu mengaktualisasikan jiwa-jiwa seninya. “Diharapkan para seniman dan budayawan di Kota Blitar bisa mengekspresikan jiwa seninya, salah satu diantaranya adalah kesenian asli Kota Blitar yaitu kesenian jaranan, ” pungkas Walikota Blitar.

    Sebagai informasi, event Blitar Menari 2023 dalam rangka pemecahan Rekor MURI Menari Jaranan Estafet Pawai 1.117 Barongan Jaranan itu digelar mulai 28-29 April 2023. Event itu juga dimeriahkan dengan Pawai Barongan start di Bank BRI dengan finish Aloon-Aloon yang juga diisi beragam atraksi barongan

    Dalam acara tersebut, Wali Kota Blitar Santoso didampingi Forkopimkota Blitar saat membuka Event 1.117 menari 2023 dan merayakan HUT Kota Blitar yang ke 117. Gelaran ini disambut baik oleh masyarakat Kota Blitar karena mengangkat kesenian lokal. ***

    wali kota blitar santoso even tari kota blitar
    BEGOG

    BEGOG

    Artikel Sebelumnya

    45 Dosen FEB Dampingi BUMDES di 12 Desa...

    Artikel Berikutnya

    Wali Kota Blitar Hadiri Rapat Paripurna...

    Komentar

    Berita terkait